Perjanjian kerja memiliki peranan penting dalam sebuah hubungan kerja. Perjanjian Kerja merupakan sebuah kesepakatan yang mengatur bagaimana hak dan kewajiban pekerja serta ketentuan-ketentuan dalam perusahaan selama bekerja. Oleh karena itu, sebelum memulai pekerjaan para pekerja harus memperhatikan segala isi perjanjian sebelum menandatanganinya.

Perjanjian kerja juga berperan penting dalam keharmonisan hubungan antara pekerja dan pemberi kerja. Hal ini dikarenakan pada perjanjian kerja terdapat ketentuan-ketentuan yang disepakati oleh pekerja dan pemberi kerja. Setelah disepakati bersama oleh para pihak terlibat, maka kedepannya diharapkan kesepakatan tersebut akan memperkecil kemungkinan terjadinya perselisihan dalam hubungan kerja. Dengan disepakatinya Perjanjian Kerja yang disahkan, nantinya Perjanjian Kerja akan memiliki kekuatan hukum untuk melindungi pihak-pihak terlibat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti salah satunya yaitu perselisihan dalam hubungan kerja.

Berkaitan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak, apabila dalam Perjanjian Kerja terdapat ketentuan-ketentuan yang tidak sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku atau kurang menjamin kenyamanan bekerja, maka dapat didiskusikan kembali untuk mencapai kesepakatan.

Jenis perjanjian kerja sendiri terdapat 2 (dua) jenis yaitu perjanjian kerja waktu tertentu dan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWT dan PKWTT) dengan masing-masing ketentuannya yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait dengan peraturan-peraturan tetang Ketenagakerjaan dapat diakses pada link di bawah ini :

Dasar Hukum terkait Ketenagakerjaan

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *